01 March 2014

Lambang Komoro


Coat of arms of Comoros.svg
Lambang Komoro didominasi oleh warna hijau, dengan bentuk bulan sabit yang menghadap ke atas tepat di tengah lambang. Bulan sabit melambangkan bahwa negara ini ialah negara Muslim, atau mayoritas beragama Islam. Di dalam bulan sabit terdapat 4 (empat) bintang berwarna putih yang berjejer, melambangkan 4 pulau utama yang ada di Komoro; Komoro Besar, Anjouan, Moheli, dan Maori atau Mayotte.
Tepat di tengah lambang, dan tepat di tengah bulan sabit terdapat matahari yang bersinar, dengan sinar yang diteruskan di 8 (empat) penjuru. Dikelilingi oleh nama negara resmi Komoro dalam bahasa Perancis di atasnya; "République Fédérale Islamique des Comores", dan nama resmi dalam bahasa Arab di bawahnya; "جمهورية القمر الإتحادية الإسلامية", walaupun nama resmi tersebut sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 2002.
Di bagian paling bawa terdapat motto negara dalam bahasa Perancis, yakni "Unité - Justice - Progrès" yang berarti "Persatuan, Keadilan, Kemajuan". Di kedua sisi pita terdapat cabang pohon zaitun yang mengelilinginya.

No comments:

Post a Comment